STRATEGI KECAKAPAN PESERTADIDIK ABAD 21, ANALISIS PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN

MOH FAIZIN, SAFIRA HABIB ZAEN OKTAF, KHOIRUN NISA'

Abstract


Manusia selalu ingin menciptakan inovasi baru yang akan membuat hidup orang lebih mudah di masa depan. Setiap hari perubahan di dunia ini meningkat pesat. Tentunya semua orang yang hidup ingin hidup lebih praktis dalam kesehariannya. Banyak sekali perkembangan zaman sekarang ini, kecanggihan teknologi adalah hal yang paling kita kenal oleh masyarakat umum. Perkembangan zaman ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan. Efek positif waktu terhadap volume pembelajaran antara lain memudahkan siswa dalam mencari informasi, pilihan referensi lebih luas sehingga memudahkan dalam mencari informasi baru. Kecanggihan teknologi modern tentunya memudahkan siswa untuk mengembangkan ilmunya melalui media teknologi. Untuk memenuhi kecakapan abad 21 ini, maka sudah selayaknya lingkup pedndidikan mewadahi peserta didik untuk berfikir kritis dan memanffaatkan media yang ada untuk menggapai kecakapan abad 21.

Keywords


Pendidikan, literasi digital, kecakapan peserta didik abad 21.

References


Asari, Andi, Taufiq Kurniawan, Sokhibul Ansor, and Andika Bagus Nur Rahma Putra. “Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang.” BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi 3, no. 2 (2019): 98–104.

Azninda, Haifa, and Woro Setyarsih. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Strategi Self Regulated Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik.” Inovasi Pendidikan Fisika 7, no. 2 (2018).

Batubara, Hamdan Husein, and Dessy Noor Ariani. “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 4, no. 1 (2018): 15–29.

Blyznyuk, Tetyana. “Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience” (2018).

Haudi. Strategi Pembelajaran. Solok: Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Katie Martin. Learning a Changing World. Learner-Centered Innovation and Evolving Education, 2019.

Martinis Yamin. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi, 2012.

Prayogi, Rayinda Dwi. “Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan.” Manajemen Pendidikan 14, no. 2 (2020).

Qolbi, Satria Kharimul, Sabarudin Sabarudin, Kholilurrohman Kholilurrohman, and Niken Perwitasari. “Efektivitas Pembelajaran Daring Antara Fasilitas Zoom Meet Dengan Google Meet.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 1551–1562.

Qowim, Agus Nur. “Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 35–58.

Sholichah, Aas Siti. “Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 01 (2018): 23–46.

Silvana, Hana, and Cecep Darmawan. “Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung.” Pedagogia 16, no. 2 (2018): 146–156.

Syahbana, Ali. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.” Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika (2012).

Yamisa Soreang. STRATEGI PEMBELAJARAN ABAD 21. Vol. I. As-Salam, 2018.

Zakir, Muhammad. “Metode Mengajar Dalam Pendidikan Islam (Kajian Tafsir Tarbawi).” Serambi tarbawi 4, no. 2 (2016).

Hartati, T. 2017. Multimedia in Literacy Development At Remote Elementary Schools in West Java (Multimedia Dalam Pengembangan Literasi Di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat). Edutech, 15 (3), 301- 310.

Pamungkas, A. S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi pada Materi Bilangan bagi Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (2), 228–240.

Nurhasanah, A. (2016). Penggunaan Metode Simulasi dalam Pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (1), 87–95.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d