IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA USIA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KONSEP MUHAMMAD ABDUH

TAMA ERLANDA, ELLYA ROZA

Abstract


Penelitian ini membahas tentang implementasi pendidikan akhlak pada usia sekolah dasar berdasarkan konsep Muhammad Abduh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pandangan Muhammad Abduh tentang pendidikan akhlak, menganalisis prinsip-prinsip pendidikan akhlak dalam konsep Muhammad Abduh, dan mengevaluasi penerapan pendidikan akhlak pada usia sekolah dasar berdasarkan konsep Muhammad Abduh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Data dikumpulkan dari sumber-sumber primer dan sekunder, seperti literatur tentang pendidikan akhlak, konsep Muhammad Abduh tentang pendidikan, dan studi kasus tentang penerapan pendidikan akhlak pada usia sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu menyimpulkan bahwa pendidikan akhlak pada usia sekolah dasar berdasarkan konsep Muhammad Abduh adalah penting untuk membentuk karakter yang baik dan membangun masyarakat yang lebih baik. Implementasi pendidikan akhlak pada usia sekolah dasar dapat dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pendidikan akhlak dalam konsep Muhammad Abduh dan menggunakan metode-metode yang tepat

Keywords


Muhammad Abduh, Pendidikan Akhak, Usia Sekolah Dasar.

References


Asifa, F 2018, 'Pemikiran Pendidikan Muhammad Abduh Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam', Jurnal Pendidikan Agama Islam, ejournal.uin-suka.ac.id, https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/1863

Arabiyah Lubis. 1993, ‘Pemikiran Muhammadiyah dan Muhammad Abduh’. Suatu Studi perbandingan, Jakarta: Bulan Bintang.

Fawzi, FR, & Surbiantoro, E 2021, 'Analisis Konsep Pendidikan Deschooling Society Ivan Illich dan Konsep Pendidikan Muhammad Abduh', Prosiding Pendidikan Agama …, karyailmiah.unisba.ac.id, https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/26222

Gade, S 2019, 'Membumikan pendidikan akhlak mulia anak usia dini', repository.ar-raniry.ac.id, https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11641/

Harun Nasution, 1993. ‘Pembaharuan dalam Islam. Sejarah Pemikiran dan Gerakan’. Jakarta: Bulan Bintang.

Muhammad Rasyid Ridla. 1931. ‘Tarikh al-Ustadz al-Imam al-Syekh Muhammad Abduh’, Mesir: al-Manar.

Muhammad Imarah. 1972. Al-A’mal al-Kamilah II al- Imam Muhammad Abduh, Beirut, al-Muassasah al- Arabiyah II Al-Dirasah wa al-Nasyr, vol. III.

Muliati, I, Sulaiman, S, Hoktaviandri, H. 2020, 'Pemikiran Pendidikan Muhammad Abduh', Jurnal, kawakib.ppj.unp.ac.id, http://kawakib.ppj.unp.ac.id/index.php/kwkib/article/view/12.

Pohan, IS 2019, 'Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh', Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian …, jurnal.uisu.ac.id, https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/1447

Syafiqurrohman, M 2020, 'Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif', … Pendidikan, Sosial, Dan Agama, ejournal.insuriponorogo.ac.id, https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/240

Sugiyono. 2014. ‘Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D’. Bandung: Alfabeta.

Suwahyu, I 2022, 'Telaah Terhadap Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Muhammad Abduh', Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, syekhnurjati.ac.id, https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tarbawi/article/view/10112

Syaifullah. 1999. ‘Perkembangan Modern dalam Islam’, Tokoh Gerakan Pembaharuan dalam Islam di Kawasan Timur Tengah, Padang: IAIN IB Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor