KONSEP PENDIDIKAN KH. AHMAD DAHLAN

FAIZAL A, ELLYA ROZA

Abstract


KH. Ahmad Dahlan adalah salah seorang tokoh yang terkenal, beliau dikenal sebagai tokoh gerakan pembaru dan reformis Islam, KH. Ahmad Dahlan lahir pada tanggal 1 Agustus tahun 1868 di Yogyakarta dan wafat pada 23 Februari 1921. Nama kecil KH. Ahmad Dahlan adalah Muhammad Darwis. KH. Ahmad Dahlan memberikan pendapat bahwa pendidikan dapat mengantarkan manusia menjadi lebih sempurna. KH. Ahmad Dahlan bersungguh-sungguh memposisikan pendidikan sebagai suatu wadah atau sarana dengan upaya terbaik untuk menyelamatkan umat manusia khususnya umat Islam dari pemikiran yang statis, yang pada saat itu Belanda dan Jepang masih menjajah Indonesia. KH. Ahmad Dahlan sangat yakin bahwa pendidikan dapat merubah pemikiran masyarakat yang statis menjadi pemikiran yang dinamis demi terwujudnya kemerdekaan Indonesia. Secara garis besar, gagasan-gagasan pembaruan KH. Ahmad Dahlan dapat dikelompokkan menjadi dua dimensi, yaitu: pertama, purifiksi (berupaya memurnikan) ajaran islam dari tahayul, khufarat, dan bid’ah yang telah tercampur dalam akidah dan ibadah umat Islam. Kedua, mengajak umat islam keluar dari pemikiran tradisional dengan re-interpretasi terhadap doktrin Islam dalam rumusan dan penjelasan yang masuk akal (rasional).


Keywords


Konsep, Pendidikan, KH. Ahmad Dahlan

References


Bazili, Ahmad dalam A.Malik Fadjar. 2005. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: PT. Raha Grafindo Persada.

Departemen Agama RI Direktoral Jenderal Kelembagaan Agama Islam. 2003. Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta.

Fadil, Muhammad, Andi Fitriani Djollong. 2018. Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan. Sulawesi.

Hermawanti, Yuliana. 2020. Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan. Pemalang: STIT Pemalang.

Mukhtarom, Asrori. 2020. Pemikiran Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan. Jakarta: Desanta Muliavisitama.

Mu’thi, Abdul, Abdul Munir Mulkhan, Djoko Marihandono dan Tim Museum Kebangkitan Nasional. 2015. K.H. Ahmad Dahlan. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional.

Nizar, Samsul. 2022. Filsafat Pendidikan Islam: pendidikan historis, teoritis. Jakarta: Ciputat Pers.

Rukiat, Enung K dan Fenti Hikmawati. 2006. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Salam, Junus. 2009. KH. Ahmad Dahlan Amal dan Perjuangannya. Tangerang: Al-Wasat Publishing House.

Saleh, Abdurrahman. 2000. Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan. Jakarta: Gamarindu panca Perkasa.

Sucipto, Hery. 2010. KH. Ahmad Dahlan Sang Pencerah, Pendidik dan Pendiri Muhammadiyah. Jakarta: Best Media Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License