PERAN MOTIVASI DALAM MENGINSPIRASI KESUKSESAN SISWA DAN KINERJA GURU

ADE SAPUTRA, MARDHIYAH MARDHIYAH, MAWAR MAWAR, SALFEN HASRI, SOHIRON SOHIRON

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran motivasi dalam  dan dampaknya terhadap kesuksesan siswa dan  kinerja guru. Motivasi memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang memotivasi, meningkatkan partisipasi siswa, dan mendorong pencapaian akademik yang tinggi. Dalam konteks pendidikan Islam, motivasi juga memainkan peran dalam memperkuat pemahaman agama dan moral siswa. Untuk mencapai hal ini, diperlukan strategi pembinaan sikap dan nilai-nilai yang positif, kolaborasi antara guru, orang tua, dan lembaga pendidikan, serta penggunaan metode pengajaran yang inovatif. Dengan memahami peran motivasi kita dapat menginspirasi siswa untuk meraih kesuksesan, dan memberikan kinerja terbaik bagi guru.


Keywords


Motivasi, kesuksesan siswa, kinerja guru.

References


Afridoni, A., Putra, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13832-13838.

Ardiansyah, N. A., & Zawawi, A. (2021). Manajemen Strategik Keuangan Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’arif NU (BP3NU) Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.55352/mudir.v3i1.148

Bintank, & Maunah, B. (2022). Pendidikan Dalam Berbagai Pendekatan Dan Teori Pendidikan. Cendekia : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1).

Djafar, H., Muh. Farhan, Muthiah Khaeirunnisa, Nur Padila, & Amran Basir. (2022). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MAHASISWA. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(01). https://doi.org/10.24252/edu.v2i01.30005

Estetika, R., Rosyadi, I., & Maksum, Muh. N. R. (2022). Manajemen Kinerja dalam Mencapai Competitive Advantage Sekolah Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3064

Hartati, T., & Supriyoko, S. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu. Media Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4652

Hasneli, H. (2019). MANAJEMEN DAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 6(2). https://doi.org/10.15548/alqalb.v6i2.819

Hidayat, W., Suryana, Y., Sanusi, H. P., & Hermawan, A. H. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Empati untuk Pemeliharaan Motivasi Belajar Daring Mahasiswa dalam Situasi Wabah COVID-19. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, March.

Idris, I., & Santoso, A. B. (2023). Pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan di Universitas Islam Bandung. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(6). https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i6.2950

Ihsan, A. H., Supiana, S., & Gustini, N. (2021). MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU MADRASAH SERTA IMPLIKASINYA BAGI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ISEMA.V6I1.9988

Kasmida, K., Mujib, A., & Suciati, S. (2022). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN SEKOLAH SATUAN PENDIDIKAN KERJASAMA. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 6(1). https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1245

Khairani, R. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Di SMP Swasta Darussalam Medan. Photosynthetica, 2(1).

Kuswibowo, C., & History, A. (2021). Analisis pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja guru pada lembaga pendidikan Islam. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(2), 155–166. https://doi.org/10.26555/JIEI.V2I2.4849

Magdalena, & Hikayat, S. (2020). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Jenjang Pendidikan Dasar (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Panyabungan). Bunayya; Jurnal PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, 1(1).

Mansir, F., Abas, S., & Kian, L. (2021). SARANA DAN METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ERA DIGITAL. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2). https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11347

Musdalifah, M., Chaerat, M., & Syahri, N. A. (2021). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.24252/edu.v1i1.22116

Mustafida, Sujadmono, Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Strategi Pengembangan Madrasah Melalui Manajemen Mutu Berbasis Akhlak Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jiel, 2(1).

Ni’a, A. Z. K., & Mulyati. (2021). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Terhadap Pengambilan Keputusan Berinvestasi Saham di Pasar Modal (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen). JMari, 2(2).

Sartika, R., Indrawati, J. (2022). Berbagai Teori Motivasi Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.

Siagian, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2581

Sumarto, S. (2020). BUDAYA MADRASAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Literasiologi, 3(3). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i3.106

Suriadi, S. (2019). Manajemen Pendidikan Islam dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02).

Suryana, Y., Sanusi, H. P., Hermawan, A. H., & Hidayat, W. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Empati Untuk Pemeliharaan Motivasi Belajar Daring Mahasiswa Dalam Situasi Wabah Covid-19. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, March.

Wais Al Qurni, Evi Gusliana, & Ruly Nadian Sari. (2020). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AK2 DI SMK PELITA GEDONGTATAAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 3(2). https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v3i2.34

Warcham, A., & Sa’diyah, M. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Berbasis Manajemen Perilaku dalam Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2). https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.417

Widodo, D. B., Imron, A., & Arifin, I. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.17977/um027v2i22019p10

Wiryawan, D., Nur, A. A., & Nur, A. R. (2020). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS KALTARA. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2). https://doi.org/10.32534/jv.v15i2.1270

Yulaekah, Y., Rajab, M., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Kualitas Guru Mengajar Sebagai Salah Satu Upaya Mempertahankan Status Akreditasi Sekolah Dasar Islam Nurul Haq Kota Batam. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 334-344.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor