STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAMTERPADU KOTA LAMA KECAMATAN KUNTO DARUSSALAM

AYU MENTARI MUTMAINNAH, WAL FAJRI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui Bagaimana langkah strategi guru yang dilakukan oleh siswa untuk meningkatkan kemampuan daya ingat siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMK IT Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam. (2) Mengetaui Sebelum dan Sesudah diterapkannya Strategi guru untuk meningkatkan kemampuan daya ingat siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMK IT Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam. (3) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan kemampuan daya ingat pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMK IT Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK IT Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun jenis analisis data berupa reduksi data, model data dan penarikan atau verifikasi kesimpulan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan daya ingat siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMK IT Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam terlaksana dengan baik dan berjalan dengan lancar yang dilihat dari persiapan guru sebelum proses pembelajaran, latar belakang guru Bahasa Arab yang sesuai, dan dukungan-dukungan dari pihak sekolah. (2) Terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya strategi guru dalam meningkatkan kemampuan daya ingat siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMK IT Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam meningkatkan daya ingat siswa yang dapat dilihat dari hafalan siswa pada saat praktek bicara Bahasa Arab pada saat pengambilan nilai praktek dengan guru mata pelajarannya. (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan kemampuan daya ingat siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SMK IT Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam adanya dukungan dari kepala sekolah, strategi guru ini mempermudah siswa dalam menghafal pelajaran Bahasa Arab dan faktor penghambat siswa belum terbiasa melakukannya sehingga canggung untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Strategi Guru, Kemampuan Daya Ingat, Bahasa Arab

References


Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Al-malawi, Rhomadon. 2019. Amalan-Amalan Mustajab Yang Bikin Otak Cerdas Dan Daya Ingat Setajam Silrt. Yogyakarta: Araska.

Andromeda, Wiliam. 2020. Seni melatih ingatan. Yogyakarta: Bright Publisher.

Anshor, Ahmad Muhtadi. 2009. Pengajaran bahasa arab media dan metode-metodenya. Yogyakarta: Teras.

Aryani, Lestari Dwi. 2019. Pengaaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Daya Ingat Siswa Daklam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab di Kelas 2 MI Sabilil Islam Madiun Tahun Ajaran 2018/2019.

Depag Ri, Al-Qur’an dan Terjemahan.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang SISDIKNAS UU RI No. 20 Tahun

Efendi, Tjiptadana. 2002. Meditasi Jalan Meningkatkan Kehidupan Anda, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hamid, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan, Media Dan Metode, Strategi, Materi System Yogyakarta: Araska.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Bahasa Arab. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Juwita, Denda Nola Lilinda. 2017. Pengaruh Pembelajran Aktif dengan Metode Everyone Is A Teacher Her (Eith) Terhadap Daya Ingat Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peradaran Darah Kelas VIII MTS Fathurrahman Jeringo Gunung Sari.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. 2001. Bandung: Pustaka Setia.

Nasrullah, Muhammad. 2001. Melejitkan Potensi Otak Kanan. yogyakarta: Araska.

Nuha, Ulin Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, yogyakarta: Araska.

Mu’awanah. 2011. Strategi Pelajaran Pedoman Untuk Guru Dan Calon Guru, Jawa Timur: STAIN Kediri Press.

Nugroho, Daniel. 2019. Rahasia Melejitkan Kekuatan Fikiran Dan Daya Ingat Setajam Silet. Yogyakarta: Araska.

Patrick Chaplin, James. Kamus Lengkap Psikologi, di terjemahkan oleh Kartin Kartono, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Purrwanti, Siti. 2018. Pengaruh Metode Tartil Terhadap Kemampuan Daya Ingat Anak Usia Dini (Penelitian Pada Siswa TK IT As-Salima, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang).

Sukomo, Rizki Joko. 2011. Mendongkrak Kecerdasan Otak Dengan Meditasi. Jakarta: Visi Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License