STRATEGI DALAM MENGATASI TANTANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI GURU DI ERA TEKNOLOGI MODERN

SYAIPUDDIN RITONGA

Abstract


Pendidikan bahasa Arab telah mengalami perubahan yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi di era kontemporer. Guru bahasa Arab kini dihadapkan pada tantangan baru yang melibatkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendiskusikan strategi-strategi yang efektif dalam mengatasi berbagai hambatan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab di era teknologi Modern. Artikel ini difokuskan pada strategi mengatasi tantangan pembelajaran Bahasa Arab diera teknologi modern. Di dalam menghadapi perkembangan teknologi ini diharapkan guru dapat mengaplikasikan dan memanfaatkan teknologi modern dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Sampel penilitian ini terdiri dari guru-guru Bahasa Arab pada MAN 1, MAN 2, dan MAN 3 Mandailing Natal. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, data yang diperoleh diolah menggunakan prosedur berikut; Reduksi data; dengan menganalisis secara sistematis dengan mengidentifikasi pola, temuan, dan informasi yang relevan, display data; untuk membuat data lebih mudah dimengerti, memvisualisasikan temuan, dan memberikan pandangan yang lebih jelas tentang hasil penelitian. dan Verifikasi data; yang melibatkan pengecekan kembali keakuratan data dan temuan yang diperoleh. penelitian ini menghasilkan dan memberikan berbagain macam strategi yang relevan dan adaftif serta efekti bagi guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran dalam dunia pendidikan yang semakin terkait dengan teknologi. kajian ini bertujuan untuk memberikan berbagai solusi yang komprehensif kepada para pendidik bahasa Arab agar  dapat  mengatasi tantangan yang dihadapi dan mengoptimalkan pengalaman belajar bahasa Arab bagi para siswa di era teknologi Modern yang terus berkembang. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari kajian ini bahwa: dalam menghadapi tantangan pembelajaran bahasa Arab di era teknologi modern, guru Bahasa Arab dapat mengembangkan berbagai strategi yang efektif diantaranya; menggunakan metode yang adaftif, menyesuaikan bahaan ajar dan media pembelajaran yang berbasis Teknology Modern diantaranya; penggunaan paltform E-learning, Multimedia Interaktif, berbagai Aplikasi offline dan online dan penggunaan aplikasi media social sebagai media pembelajaran dan sumber belajar secara masif.

Keywords


Mengatasi, Tantangan, Pembelajaran Bahasa Arab, Era Teknologi

References


Ahmadi, Aulia Mustika Ilmiani. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital. In Yogyakarta: RUAS MEDIA (Issue December).

Albab, U. (2019). MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA ASING. TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 19(1). https://doi.org/10.19109/tamaddun.v19i1.3398

Amanah, L. (2019). Perkembangan dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Ansar, A., Isnaeni S., I. S., Julia, J., & Hafida, N. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1). https://doi.org/10.33096/mujaddid.v1i1.235

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., Dellia, P., Perwita, D. P., Kandika, P. S., Oktrisma, Y., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., Pamulang, U., Astuti, A. dewi. D. P., Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., Firmansyah, M., Sujana, I. W. C., Kepada, D., Teknik, F., … Dariyadi, M. W. W. (2019). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 3, Issue 1).

Asbarin, A., & Amalia, N. N. (2022). Tantangan dan Problematika Pembelajaran Bahasa Arab pada Santri MTs Al-Irsyad Tengaran 7 Kota Batu. AL-WARAQAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2). https://doi.org/10.30863/awrq.v3i2.3033

Awwaludin, M., Malik, S., & Siswanto, N. D. (2022). Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab pada Pesantren Bahasa Arab (MIM LAM). Definisi: Jurnal Agama Dan Sosial-Humaniora, 1(1).

Azzuhri, M. (1970). Metode dan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet di Era Teknologi Informasi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(3). https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.360

Febriana, D., & Iswari, L. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK PEMULA BERBASIS WEB. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 8(2). https://doi.org/10.33506/insect.v8i2.2246

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2). https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hidayah, N. (2020). PELUANG DAN TANTANGAN PEMEROLEHAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA (KAJIAN PSKOLINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB). Taqdir, 5(2). https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922

Kamil Ramma Oensyar, A. H. (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 13, Issue April).

Munip, A. (2020). Tantangan dan Prospek Studi Bahasa Arab di Indonesia. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2). https://doi.org/10.14421/almahara.2019.052.08

Mustofa, B., & Hamid, M. A. (2016). Metode dan strategi pembelajaran bahasa Arab. In UIN-Maliki Press, Malang.

Nadawiyah, K.-. (2022). RENDAHNYA MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA DARING. Taqdir, 7(2). https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i2.9382

Ritonga, A. M., Suib, M., & Zaky, A. (2023). Tantangan dan Hambatan : Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i5.11540

Sa’diyah, H. (2021). Peluang Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Berbantu Media Whatsapp bagi Mahasiswa di Masa Daring. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1). https://doi.org/10.18196/mht.v4i1.12255

Satrio, M. . (2020). pengembangan desain materi ajar bahasa arab. In Stain Sar. (Vol. 13, Issue 1).

Shidqi, M. H., & Mudinillah, A. (221 C.E.). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Lingkungan Berbahasa Bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and Development, 9(3).

Surur, M. (2022). Tantangan dan Peluang Bahasa Arab di Indonesia. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2). https://doi.org/10.59355/risda.v6i2.90

Syafaah, D., & Dewi, I. S. (2019). Tantangan Pesantren Salaf Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Globalisasi. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License