KREATIVITAS DALAM PSIKOLOGI HUMANISTIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN

Ririn Muthiatun Nisa

Sari


Kreativitas adalah suatu gaya hidup, suatu cara dalam mempersepsi dunia. Salah satu konsep yang sangat penting dalam bidang kreativitas adalah hubungan antara kreativitas dan aktualisasi diri. Menurut psikolog humanistik aktualisasi diri ialah apabila seseorang menggunakan semua bakat dan talentanya untuk menjadi apa yang ia mampu menjadi. Pribadi yang dapat mengaktualisasi dirinya adalah seseorang yang sehat mental, dapat menerima dirinya, selalu tumbuh, berfungsi sepenuhnya, berpikiran demokratis, dan sebagainya. Teori ini sangat tepat dalam dunia pendidikan kita mengingat tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. Dengan demikian peserta didik diharapkan tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakatnya dan tumbuh menjadi manusia yang cerdas dan kreatif.

Kata Kunci


Kreativitas, Psikologi Humanistik

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Febe Chen. Be Creative: Menjadi Pribadi Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2010.

M. Ali & M Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2004.

Martini Jamaris. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia. 2013.

Momon Sudarman. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2013.

Muhammad Thobroni dan Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.

Sumanto. Psikologi Umum. Yogyakarta: Center of Akademic Publishing Service. 2014.

Tim Pustaka Familia. Warna-Warni Kecerdasan Anak dan Pendampingannya. Yogyakarta: Kanisius. 2006.

Utami Munandar. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2002.

Utami Munandar. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas anak Sekolah. Jakarta: Gramedia, 1985.

Utami Munandar. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.

Yeni Rachmawati dan Kurnia, Euis. Strategi Pengembangan Kreatifitas Pada anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group. 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

 

Copyright by: HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 

E-ISSN: 2085-8663



Published by:

Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai

Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pagaraian Kec. Rambah Kab. Rokan Hulu

Telp. 082214220067

Faks-

e-mai: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com