STRATEGI PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL BERBASIS MANAJEMEN DAKWAH

Ramli Ramli

Abstract


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengantarkan era perubahan yang mudah dinikmati umat manusia melalui digitalisasi. Disisi lain, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga membawa dampak positif dan negatif bagi banyak orang, apalagi di era disrupsi yang erat kaitannya dengan etika kemanusiaan. Banyak fenomena di masyarakat yang berkaitan dengan moralitas kemanusiaan. Misalnya siswa mengajak guru berkelahi, siswa menghina guru, siswa melaporkan permasalahannya dengan guru kepada orang tua lalu orangtuanya ikut marah ke sekolah, maka hal tersebut merupakan perilaku yang tidak pantas untuk dipublikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ajaran agama Islam dalam pembentukan akhlak peserta didik di era digital melalui pendidikan berbasis manajemen dakwah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, yaitu pengumpulan data dari dokumen dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak positif dari era disrupsi dunia pendidikan adalah diadopsinya lingkungan pembelajaran yang maju, sistem online yang sesuai, sistem e-learning, berbagai kemajuan global dan program pembelajaran berbasis komputer lainnya. Namun era digital ini juga membawa dampak negatif terhadap moral dan karakter anak bangsa. Anak-anak kini ditawari budaya langsung. Dengan menjamurnya lingkungan internet, anak-anak kini dapat dengan mudah mendapatkan informasi. Itu sebabnya anak banyak meniru hal-hal negatif. Langkah konkrit untuk mengembangkan akhlak peserta didik di era digital saat ini melalui pendidikan berbasis manajemen dakwah dapat dilakukan dengan cara: (1) Lembaga pendidikan harus menyusun kurikulum yang tepat untuk membentuk akhlak peserta didik melalui pendidikan terintegrasi keislaman, (2) Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM guru) melalui pelatihan dan bimbingan khusus, (3) Mendidik siswa untuk senantiasa berbicara dengan sopan dan santun, (4) setiap guru harus mampu berperan dalam beberapa peran yang berbeda yaitu sebagai guru, mediator, penasehat, konselor, pengawas dan juga sebagai patner siswa dalam pembentukan akhlak peserta didik.

Keywords


Akhlak, Era digital, pendidikan berbasis manajemen dakwah

References


Akib, & Zaki Amani, R. (2021). Manajemen Pembinaan Keagamaan Islam Pada Narapidana. JurnalPemikiranIslam, 7(2), 1–19.

Amir Husen, Umar Natuna, M. Ridho Hidayat, Zalisman, W. (2023). Upaya Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas “Guru Profesional” dalam Menghadapi Pendidikan di Era Disrupsi. 12, 241–251.

Amir Husin, Asmarika, Mardhiah, Syukri, W. (2023). Pendampingan Bimbingan Sholat Kepada Anak-Anak TPQ Mukhlisin di RT 01 RW 22 Kelurahan sidomulyo Barat Kec . Tuah. 7, 207–212.

Amirudin, N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP, 181–192.

Arif, M. (2022). Manarul Quran: Jurnal Studi Islam Volume.22.No.1.Juni 2022. 1, 1–11.

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.

Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.

Fadliyani, F., Sahal, Y. F. D., & Munawar, M. A. (2021). Implementasi Bina Pribadi Islam (BPI) dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar Inspiratif Al-Ilham Kota Banjar. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 17(2), 165. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i2.512

Fatimah, F. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Membina Akhlak Siswa di MI Rahmatullah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 68–78. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.189

Faturrchman saleh, Fauzan mubarok, Muhammad Nabil Ayussi, wahyu rayan kenedi, W. (2024). Lemahnya Pengetahuan dan Penerapan Ilmu Tentang Bahayanya Syirik Bagi Kehidupan. 2(1).

Febrianti, Y. (2019). Upaya Pemuda Karang Taruna Gunung Tugel Community (Gtc) Dalam Membentuk Masyarakat Religius Melalui Kajian Keislaman Di Dusun Krajan Desa Baosan Lor Ponorogo. 8(1), 9. http://eprints.umpo.ac.id/4971/3/BAB II.pdf

Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Hafizatul, K. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional, 43.

Hamdani, D. (2023). MODEL PEMBELAJARAN DI ERA DISRUPSI BERBASIS MANAJEMEN DAKWAH. 6, 2223–2230.

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.

Hasan, W. A., Ibadah, F., & Muamalah, A. (n.d.). AL-ISLAM.

Isnaini, M., Bidin, I., Susanto, B. W., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT. 05(04), 11539–11546.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129

Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.

Kobandaha, I. M. (2019). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan. Irfani: Journal Of Islamic Education, 14(1), 81–92. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir

Latifah, L., & Ngalimun, N. (2023). Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi Melalui Transformasi Digital Dengan Pendekatan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Society 5.0. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 5(1), 41. https://doi.org/10.31602/jt.v5i1.10576

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90. https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.

Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU. 11, 204–226.

Masnur, N. A., Hafiza, A., & Putri, Jihan Nailah, W. (2024). Makna Kehidupan Beragama Bagi Generasi Zaman Ini. 2(1).

Mubin, M. S. (2020). Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi. Jurnal Reforma, 9(2), 114. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.319

Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.

Musrofa, A. (2020). Konsep Akhlak Mahmudah Dan Madzmumah Perspektif Hafidz Hasan Al-Mas’udi Dalam Kitab Taysir Al-Khallaq. Ilmuna, 2(1), 48–67. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilmuna/article/view/138

Muthmainnah. (2023). MEMANFAATKAN “ P ODCAS T ” SEBAGAI STRATEGI DAKWAH DI ERA DISRUPSI : 6, 2231–2240.

Nata, A. (n.d.). Abudin Nata, Paradigma Pendidikan Islam (Jakarta: Grasindo, 2001), hlm. 152 1. 1–29.

Nurlaily, W. P. K. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Religius di SMP Ma’arif 5 Ponorogo. November. http://etheses.iainponorogo.ac.id/12539/1/SKRIPSI 211216003 WAHYU PUTRI K.N.pdf

Nurmadiah, N. (2016). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 1(2), 8–25. https://doi.org/10.28944/afkar.v1i2.6

Putriana, H., & Mz, I. (2021). Perilaku Antisosial Dalam Pandangan Islam. Jurnal Studia Insania, 8(2), 69. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i2.3660

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.

Rouzi, K. S., Afifah, N., Yarni, L., & Widiyanti, R. (2023). Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Islamic Home Schooling). Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 32. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).32-39

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.

Salim, N. Z., Siregar, M., & Mulyo, M. T. (2022). Rekonstruksi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi: Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 28–39. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9468

Saputro, G. (2021). SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S . P . d ) Oleh : SHINDI HUNINAIROH. Skripsi.

Satiawan, Z., & Sidik, M. (2021). Metode Pendidikan Akhlak Mahasiswa. Jurnal Mumtaz Karimun, 1(1), 53–64. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/stitmumtaz/article/view/3

Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474

Sidabutar, H., & Manullang, J. (2021). Problem Dan Prospek Metode Penguatan Terhadap Pendidikan Karakter Keluarga Kristen. Jurnal Teologi Amreta (ISSN: 2599-3100), 5(1), 69–94. https://doi.org/10.54345/jta.v5i1.68

Sipiana, S., Suriansyah, A., & Effendi, R. (2019). The Management Implementation of Character Value at Junior High School. Journal of K6, Education, and Management, 2(3), 204–210. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.03.04

Subakri. (2020a). ABSTRACT :Implementasi Kurikulum 2013 Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Penguatan Karakter Religius siswa Subakri. 19(0ktober), 197–210.

Subakri, S. (2020b). Peran Guru dalam Pandangan Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.165

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Suparlan. (2023). Pengguatan Pendidikan Ahlak Siswa dengan Kegiatan Imtaq. Jurnal Ilmu Pendidikan PISSN: 2808-8379 Fakultas Tarbiyah INSTITA, 0–2.

Suriyati, S. (2022). Peningkatan Perilaku Akhlak Mulia Siswa pada Pembelajaran SKI Tingkat Madrasah Tsanawiyah. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 3270–3280. http://www.ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/768%0Ahttp://www.ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/download/768/620

Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.

Syafitri, R. (2023). Model Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Lulusan yang Berkarakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus pada MAN 1 Kabupaten Rokan Hilir ). 4(c), 1744–1752.

Syahputra, A., Sukmawati, E., & Syafitri, R. (2023). Dampak Buruk Era Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Remaja Usia Sekolah ( dalam Perspektif Pendidikan Islam ). 4(3), 1265–1271.

Syakhrani, A. W. (2019). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0. CBJIS : Cross-Border Journal of Islamic Studies, 1(2), 57–69. https://doi.org/10.37567/siln.v1i2.90

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Wahyuni. (2023). PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DAKWAH DI ERA DISRUPSI : TINJAUAN PERKEMBANGAN METODE DAKWAH ISLAM. 6, 2292–2301.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.

Wismanto, Saputra, M. R., Sabila, T. A., & Hakim, A. L. (2024). Membentuk Kepribadian Muslim Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Akhlak. 3(1).

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.

Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.

Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).

Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).

Yaqien, N. (2021). Manajemen Mutu Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. J-Mpi, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i1.11023

Yusuf, M. (2016). High Concept and High Tought Senses in the Conceptual Age . Ini adalah konsep kunci. Inovasi Pendidikan, 2(4), 9–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d