IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

HIDAYATI HIDAYATI

Abstract


Kualitas Pendidikan seringkali dikaitkan dengan banyak faktor, salah satunya adalah kurikulum. Mutu pembelajaran dapat mempengaruhi mutu Pendidikan. Mengingat berbagai permasalahan yang timbul dalam peningkatan mutu Pendidikan, maka kurikulum merupakan salah satu program yang patut dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu penilaian terhadap pembelajaran sangatlah penting. Pembelajaran dikatakan sebagai suatu program karena pelaksanaannya melibatkan banyak komponen, seperti guru, siswa, sarana prasarana, agar dapat berjalan dengan baik, maka seorang guru harus mampu mengelola seluruh aspek input dengan baik. Oleh karna itu, evaluasi terhadap program studi yang ada saat ini harus dilakukan , yang tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana pengaruh program studi terhadap peningkatan mutu Pendidikan.


Keywords


Implementasi, Evaluasi, Pembelajaran, Kualitas Pendidikan

References


Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosda karya.

Arikunto. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitrianti. (2016). Sukses Profesi guru Dengan Penelitian tindakan,. yogyakarta: Deepublish.

Suparman. (2010). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara. Surya. (2004). Guru dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko. (2003). Evaluasi Proram Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya. Wirawan. (2012). , Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi . Jakarta:

Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

situs 138

klik4d