ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
Abstract
Penelitian ini menyelidiki bagaimana pendidikan Islam mempengaruhi pengembangan kurikulum yakni dengan adanya karakter disiplin siswa. Hal ini menarik perhatian pada betapa pentingnya pendidikan Islam dalam mengatasi banyaknya anak-anak di sekolah umum yang meremehkan standar perilaku seperti moralitas dan etika. Penelitian ini mengumpulkan dan mengkaji informasi pengaruh pendidikan Islam terhadap pengembangan karakter dengan menggunakan metode kepustakaan. Berdasarkan temuan penelitian, pendidikan Islam dapat meningkatkan karakter disiplin dengan memberikan siswa akses terhadap teks-teks agama, adat istiadat, bimbingan, peringatan, dan teladan guru yang unggul.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albadri, P. B., Ramadani, R., Amanda, R., Nurisa, N., Safika, R., & Harahap, S. S. (2023). Ontologi Filsafat. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 311–317. https://doi.org/10.55681/primer.v1i3.148
Azizi Batubara, A. H., & Salminawati. (2022). Pengertian Ontologi Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Journal Of Social Research, 1(4), 239–247. https://doi.org/10.55324/josr.v1i4.72
El-Yunusi, M. Y. M. (2024). CERITA BERGAMBAR UNTUK MENGUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK. 8(1), 26–38.
El-Yunusi, M. Y. M., Azizah, C., & Nabillah, S. Q. (2023). Kurikulum dan Problematika Pendidikan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Masaliq, 3(3), 370–383. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i3.897
Luthfiyah, L., & Lhobir, A. (2023). Ontologi , Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3249–3254. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150
Ma’rifah, F. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Impresi Indonesia, 2(7), 701–707. https://doi.org/10.58344/jii.v2i7.3189
Maturidi. (2020). Epistemologi dan ontologi pendidikan Islam. At- Tarbawi, 12(2), 132–139. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v12i2.2068
Muhammad Yusri, & Siti Halimah. (2022). Menerapkan Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Pai Di Smp Negeri Lima Puluh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 272–284. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.185
Munauwarah, R., & Fathiha, N. (2023). LANDASAN FILOSOFIS TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. 10(3), 315–329.
Murzaki, L. A., & Suryadi, L. (2022). SPIRITUALITAS DAN MORALITAS LINGKUNGAN HIDUP MODERN Solusi Problem Normatif-Filosofis Ecotheologi untuk pendidikan Islam. Jurnal El-Huda, 13(01). https://doi.org/10.59702/elhuda.v13i01.27
Putri, Martania Safira, Pernaningtik, Nur Aniqa, Niswatin, khoirun, Maulana El-Yunusi, M. Y. (2024). Problematika Pendidikan Islam Dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam Jurnal Kolaboratif Sains ( JKS ). 7(2), 802–813. https://doi.org/10.56338/jks.v1i1.473
Romli, A. B. S., Fajar Shodiq, M., Defri Juliansyah, A., Mawardi, M., & Yusron Maulana El-Yunusi, M. (2023). Implementasi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(2), 214–223. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2340
Sabrifha, E., Zatrahadi, M. F., & Istiqomah, I. (2023). Penerapan prinsip manajemen pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum sekolah Islam: menggunakan tinjauan scientific literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 170. https://doi.org/10.29210/1202322932
Saiwanto, S., Alghiffar Alwlid, M., Haris, A., & Rizal Yazid, S. (2022). Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Sosial Sains, 2(9), 1039–1050. https://doi.org/10.36418/jurnalsosains.v2i9.481
Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510
Selamet,Supiana, Y. Q. (2023). KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. 2(20), 73–87.
Sulaiman. (2022). Implementasi Landasan Pengembangan Kurikulum MAN 1 Aceh Tamiang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2697–2703. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2605
Usiono, U., Nursalimah, N., & Ritonga, M. (2022). Implementasi Filosofi Pendidikan Islam Dalam Strategi Pengembangan Budaya Beragama di MTs Ar Royan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7305–7313. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3704
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.