PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK YANG MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA

Ayu Nazmi Yuliana, Alia Myra Zahira, Chalsya Fani Azahra, Winda Febriani, Yasmin Rizky Hanifah, Asep Rudi Nurjaman

Abstract


Berkembangnya media sosial adalah dampak dari kemajuan teknologi. Media sosial yang saat ini tengah digunakan banyak kalangan tidak terkecuali anak-anak, penggunaanya yang mudah dan konten yang bermacam-macam. Karena banyaknya konten tersebut, ditakutkan anak-anak mengakses konten negatif yang memberikan dampak buruk terhadap Akhlak anak.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif dengan sumber data dari orang tua dan guru. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penelitian ini berfokus pada dampak, serta upaya yang dilakukan guru mata pelajaran pendidikan agama islam dan orang tua siswa kelas lima dan enam SDN 172 Andir Kidul selama ini untuk menanamkan akhlak yang baik.  Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, dampak penggunaan media terhadap akhlak anak yaitu emosi anak tidak terkontrol dan menjadi tidak fokus bahkan acuh terhadap sekitar hanya fokus pada handphonenya. Karena itu diperlukannya pengawasan dan bimbingan dari orang tua dan guru agar anak tidak kecanduan media sosial dengan terus berupaya untuk memberi bimbingan dan pengawasan.


Keywords


Media Sosial; Akhlak; Anak

Full Text:

PDF

References


Andi Asari, Theresia Widji Astuti, Sukarman Purba, Rachmatiyah, Wieke Tsanya Fariati, Decky Hendarsyah, Arifin, Muhamad Nova, Nurfitriany Fakhri, & Nove E Variant Anna. (2021). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN.

Amaruddin, H., Tri Atmaja, H., & Khafid, M. (2020). PERAN KELUARGA DAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTUN SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Cahyono, A. S. (2018). Dampak Media Sosial Terhadap Permasalahan Sosial Anak. Publiciana, 11(1), 89-99. Retrieved March 6, 2024, from https://doi.org/10.36563/publiciana.v11i1.141

Fauziah, D. R. (2023). Bullying Dalam Perspektif Ke-Islaman. Islamic Education, 1(3), 642- 654. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/602/517

Fauziah, S., Hacantya, B. B., Paramita, A. W., & Saliha, W. M. (2020). Kontribusi penggunaan media sosial dalam perbandingan sosial pada anak-anak akhir. Psycho Idea, 18(2), 91-103. DOI: https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.7145

Fitri, S. (2017). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL ANAK. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Hayati, L. (2018). Konsep diri anak-anak pengguna aktif media sosial. Society, 6(2), 58-64. DOI: https://doi.org/10.33019/society.v6i2.65

Jadidah, I. tasya, Rahayu, A., Bella, H. S., Julinda, J., & Anggraini, T. W. (2023). PENGARUH MEDIA DIGITAL TERHADAP SOSIAL BUDAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA |Vol, 2(4). 253-268. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/830

Misfala, M. Y., Umar, Z., Hamdan, M. Z., Maskurii, A. H., & Nizam, M. F. N. (2023). Faktor Faktor Penyebab Bullying Peserta Didik di Era Milenial. Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration, 1(02), 39-53. Faktor-Faktor Penyebab Bullying Peserta Didik di Era Milenial | Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration (edujavare.com)

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1). Retrieved March 6, 2024, from https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759.

Nurjanah, S. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa MTS Alwashliyah Pulau Gambar Kecamatan Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam P-ISSN, 2764, 5454. DOI: https://doi.org/10.51672/jbpi.v3i2.113

Palupi, I. D. R. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL PADA PERKEMBANGAN KECERDASAN ANAK USIA DINI. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 127–134. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/426/242

Putri, Mimi, Utami. 2020. Pengaruh penggunaan media sosial terhadap akhlak siswa di MTS tarbiyah islamiyah kerkap. Skripsi, program studi pendidikan agama Islam, Bengkulu: IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4302

Rafiq, A. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU MASYARAKAT. Jurnl Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1). 18-29. https://doi.org/https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704

Ritonga, A. W., Ramadhani, K., Prihantini, T., & Desrani, A. (2024). PERKEMBANGAN DIGITAL: UPAYA ORANG TUA DALAM MENCEGAH DEGRADASI AKHLAK ANAK. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1-13.

Rambe, Nurliana. 2021. Dampak media sosial terhadap pembinaan akhlak remaja di kelurahan lubuk tukko kecamatan pandan kabupaten tapanuli tengah. Skripsi, Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, Padangsidimpuan: IAIN Padangsidimpuan. https://etd.uinsyahada.ac.id/7504/

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. PENERBIT KBM. https://books.google.at/books?id=PinKEAAAQBAJ

Setiawan, D., Rahman, A., & Ramadhan, I. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI LEMBAGA PENDIDIKAN FIKAR SCHOOL). Mozaic : Islam Nusantara, 5(1), 73–84. https://doi.org/https://doi.org/10.47776/mozaic.v5i1.133

Suri Ihsan, & Aji Patria Perkasa, A. W. (2023). Media SosialdanCitra Diri: Peran Akun Kedua dalam Melindungi Identitas dan Privasi Anak sertaRemaja. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 8782–8796. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5766




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Slot gacor

Slot Gacor Hari ini

macau 4d situs toto situs togelsitus togel online
situs togel
situs togel