PEMBELAJARAN APLIKASI SPSS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN STATISTIK MAHASISWA

Risa Wara Elzati

Abstract


Aplikasi SPSS merupakan aplikasi program statistik yang sangat populer karna memiliki bentuk pemaparan yang bersifat dinamis. Tuntutan dari era industri menjadikan sektor pendidikan dalam mendorong mahasiswa untuk berinovasi, dan mengembangkan soft skill. Disamping itu, banyaknya mahasiswa terutama jurusan PAI menganggap sulit mata kuliah statistik menjadikan tujuan penulis untuk memberikan pembelajaran aplikasi SPSS dalam meningkatkan  pemahaman statistik mahasiswa PAI. Dengan teknik pengambilan total sampling dan metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan desain Pre-test dan Post-test, karena dapat dibandingkan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PAI semester IV (empat) sebanyak 33 responden.. Instrumen yang digunakan tes pemahaman konsep statistik. Berdasarkan hasil penelitian uji paired sample t-test dengan p-value = 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan  adanya pengaruh pembelajaran aplikasi SPSS dalam meningkatkan pemahaman statistik mahasiswa PAI.


Keywords


SPSS; Mahasiswa; Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Alfaida , N. (2023). Pengaruh Tingkat Pengetahuan terhadap Penggunaan Aplikasi SPSS Pada Mahaiswa Gizi di Kabupaten Nabire. Medika Alkhairaat, 198-203.

Cahyono, D., Naheria, N., & Fauzi, M. S. (2021). Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Berbasis Software JASP dan SPSS bagi Mahasiswa FKIP Universitas Kalimantan Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 421-426.

ElIzzah, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi SPSS terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PAI. Jurnal UIN Banten, 269-282.

Handayani, M., Jayadilaga, Y. A., Fitri, U., Rachman, D. A., Istiqamah, N. F., Diah, T. T., . . . Kas, S. R. (2023). Sosialisasi dan Pengenalan Aplikasi Pengolahan Data SPSS pada Mahasiswa Administrasi Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 24-32.

Hasriadi. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Pendidikan Agama Islam terhadap Mata Kuliah Teknik Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Konsepsi, 4(1), 371-380.

Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhamammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12-20.

Jayadi, A., & Anwar, Z. (2017). Pemanfaatan SPSS untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Mengolah Data Statistika. Jurnal Visionary, 2(2), 111-113.

Lian, G. O. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Aplikasi SPSS terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Mahasiswa. 11(1).

Marlon, M. d. (2009). Tutorial Pembangunan Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Otaya, L. G. (2023). Pengaruh penggunaan Aplikasi SPSS terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Mahasiswa Mengolah Data Statistik. Tadbin:Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1) 87-101. doi:https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.3502

Pasaribu, A., & Simbolon, J. (2022). Tingkat Pengetahuan dan Pemahaman Mahasiswa Dalam Menggunakan Aplikasi SPSS untuk Mata Kuliah Biostatistik. Jurnal Manajemen, 1(3), 290-295.

Ramadhani, & Harahap, J. Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi SPSS terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah (pp. 477-43). Medan: Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) dan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna.

Riani, N., Marito, W., Adi, P., & Siregar, S. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran SPSS untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Mengolah. Jurnal ABDIMAS UPMI, 1(2), 5-7.

Soraya, R., Agung, P., & Mashari, A. (2024). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan Aplikasi SPSS untuk Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Dehasen Untuk negri, 3(1), 139-142.

Sudijono, A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Gerafindo Persada.

Ulfa, N., & Hasanah, S. M. (2020). Peningkatan Pemahaman Statistik Pendidikan Mahasiswa PAI dengan Penerapan Teori APOS. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 4(1), 62-74.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License https://ppid.sumbarprov.go.id/images/css/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/data/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/pdf/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/pic/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/css/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/data/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/pdf/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/pic/ https://jurnal.akperngawi.ac.id/json/ https://jurnal.akperngawi.ac.id/css/. https://jurnal.akperngawi.ac.id/class/ https://jurnal.akperngawi.ac.id/file/ https://rsud.langkatkab.go.id/wp-content/api/ https://rsud.langkatkab.go.id/wp-content/css/ https://rsud.langkatkab.go.id/wp-content/file/ https://rsud.langkatkab.go.id/wp-content/data/ https://pmb.itats.ac.id/wp-content/class/ https://pmb.itats.ac.id/wp-content/css/ https://pmb.itats.ac.id/wp-content/font/ https://pmb.itats.ac.id/wp-content/api/

https://axis9.com

Sv388