PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Ayu Mentari, Pelen Pida Ria

Abstract


Metode pembelajaran yang tepat apabila digunakan guru dengan baik akan mampu membuat siswa tertarik untuk belajar sehingga mampu meningkatkan kreativitas belajar siswa. Salah satu metode yang mengasah kreativitas siswa adalah metode mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data diambil di SMP Negeri 5 Satap Kunto Darussalam. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan metode mapping dapat dilaksanakan dengan menyiapkan RPP dan penjelasan mind mapping ke langkah-langkah pembelajaran. Pelaksanaan metode mind mapping dalam pembelajaran terlaksana dengan baik dan lancar terlihat dari kreativitas dan pemahaman siswa yang meningkat. Faktor pendukung dilihat dari antusias siswa dan ketersediaan media, sedangkan faktor penghambat dapat berasal dari siswa dan alat pembelajaran yang tidak dimiliki siswa.


Keywords


Metode Mind Mapping; Kreativitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan. JURNAL BASICEDU, 2(1), 140-147.

Buzan, T. (2008). Mind Mapp untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cahyani, M. D., & Liani, L. A. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Pai Di Kelas Xi Smk Karya Guna 1 Bekasi. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri , 2(1), 131–144. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i1.466.

Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., Sholihat, A., & Latifah, A. Z. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan , 21(1), 38-50.

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik , 1(1), 30-37.

Latipah, H. W., & Adnan, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasikan Fasilitas Dan Lingkungan Kantor Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 3 Bandung). MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 3(1).

Munandar, U. (2012). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Putri, I. Y., & Damayanti, P. V. (2022). Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal EPISTEMA , 3(2), 108-111.

Rahayu, A. P. (2021). Penggunaan Mind Mapping dari perspektif Tony Buzan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Paradigma , 11(1), 65-80.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifa, S. R., Dhiya, F. A., & Rahmaniah, R. (2024). Manfaat Penggunaan Metode Mind Mapping Pada. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 858-865.

Tambunan, P. K., Pertiwi, C., Wicaksono, R. S., Wahyudi, D., & Simamora, V. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Penabur. JAPENDI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 205-214 https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1613.

Windaura, S. (2008). MIND MAP: Langkah Demi Langkah. Jakarta: Alex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor