PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI INSTRUMEN PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA BAGI GENERASI MUDA

Achmad Junaedi Sitika, Astuti Darmiyanti, Adam Hasyim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial sebagai instrumen pendidikan moderasi beragama pada generasi muda, mengingat peran media sosial sangat vital kendati menjadi gaya hidup anak muda dari berbagai lintas generasi. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data melalui wawancara Kepala seksi bimas Islam Kemenag Kab. Subang /Dewan penasehat Forum kerukunan umat beragama (FKUB) Kab. Subang, Redaktur Media Pasundan Ekspres, Founder dari Subang Info, dan Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI Cabang Subang. Sementara teknik analisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data yang sudah didapat, menyajikan data yang sudah direduksi dan memverifikasi data.Temuan yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu maraknya kasus informasi hoax dan intoleransi yang berpotensi konflik pada kalangan masyarakat, terutama generasi muda yang menggunakan media sosial. Informasi hoax tersebut cepat menyebar ke berbagai platform media sosial. Pemanfaatan media sosial dalam membendung informasi hoax secara berkala sangat efektif dalam melawan hoax.




Keywords


Media Sosial; Pendidikan; Moderasi Beragama

Full Text:

PDF

References


Aini, Nurul, Isra Aulia, and Zulfahmi. 2022. “Melawan Intoleransi Dan Ekstremisme Media Sosial: Inovasi Kampanye Moderasi Beragama Kanal Youtube Labpsa Tv.” Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI) 3(1):69–81. doi: 10.22373/jsai.v3i1.1687.

Astriningtias, Jihan. 2022. “Imparsial Catat 25 Kasus Intoleransi Terjadi Di Indonesia Sepanjang 2022.” Gatra.Com.

Faisal, Muhammad. 2020. “Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama Di Era Digital.” Journal of International Conference On Religion 1(1):195–202.

Hasyim, Adam, and Aldo Muhammad Derlan. 2023. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Kabupaten Subang.” 22(1):97–107. doi: 10.29300/atmipi.v22.i1.9719.

Hefni, Wildani. 2020. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Religious Moderation in The Digital Space: Case Study of Mainstreaming Religious Moderation among Islamic Higher Education Institutions.” Jurnal Bimas Islam 13(1).

Hidayah, N. 2022. “Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Swasta Berbasis Moderasi Beragama.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan … 10(2):773–88. doi: 10.30868/ei.v10i02.2361.

Jalaludin, Didin. 2021. “Kronologi Penangkapan Terduga Teroris Di Subang.” Oke News, May 8.

Januarius, Fabian. 2018. “Densus 88 Menangkat Terduga Teroris Di Pamanukan.” Kompas.Com, June 22.

Karman. M. 2018. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. 1st ed. edited by Kuswandi.E. Bandung: 2018.

Kementerian Agama RI. 2019. Tanya Jawab Moderasi Beragama. Vol. 4. Pertama. edited by Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Jakarta.

Lidwina, Andrea. 2021. “Intoleransi, Pelanggaran Kebebasan Beragama Terbanyak Dilakukan Aktor Non-Negara.” Data Boks, April 9.

Murtadlo, Muhamad. 2021. Pendidikan Moderasi Beragama : Membangun Harmoni Dan Memajukan Negeri. 1st ed. Jakarta: LIPI Press.

Nisa Faela Yunita, Dkk. 2018. Gen Z : Kegalauan Identitas Keagamaan. edited by I. R. Didin Syafruddin. Jakarta: 2018.

Pratiwi, Ananda. dkk. 2020. “Indahnya Moderasi Beragama.” 267.

Purawinangun, Ira Anisa, and Maulana Yusuf. 2020. “Gerakan Literasi Generasi Milenial Melalui Media Sosial.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 9(1):67–75.

Pusdatin BPIP. 2020. “BPIP: Kasus Intoleransi Di Indonesia Selalu Meningkat.” Badan Pembina Ideologi Pancasila.

Pusdatin Kementrian Keuangan RI. 2022. “Pemerintah Alokasikan Anggaran Pendidikan Tahun 2023 Sebesar Rp608,3 Triliun.” Kementrian Keuangan RI.

Rudy Rustandi, L. 2020. “Disrupsi Nilai Keagamaan Dan Komodifikasi Agama Di Era Digital.” SANGKÉP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan 3(1):23–34. doi: 10.20414/sangkep.v2i2.

Saragih, Jan Romi Perdana, Martina Novalina, and Herman Pakiding. 2021. “Menggaungkan Moderasi Beragama Melalui Media Sosial.” Prosiding Pelita Bangsa 1(2):166. doi: 10.30995/ppb.v1i2.517.

Sartika, Anita, and Wahyu Hidayat. 2022. Intoleransi Beragama Di Media Sosial: Analisis Narasi Hoaks Dan Interaksi Netizen.

Sutrisno, Edi. 2019. “Actualization of Religion Moderation in Education Institutions.” Jurnal Bimas Islam 12(1).

Tim Penyusun Kementrian Agama RI. 2019. “Moderasi Beragama.” Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI.

Wijayati Hasna & Haqqi Halifa. 2019. Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Society 5.0. Cetakan 1. edited by A. Herman. Yogyakarta: 2019.

Zaini, Ahmad, and Dwy Rahmawati. 2021. “Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Media Baru.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 8(1):162. doi: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.11238.




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License https://ppid.sumbarprov.go.id/images/css/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/data/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/pdf/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/pic/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/css/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/data/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/pdf/ https://ppid.sumbarprov.go.id/images/pic/ https://jurnal.akperngawi.ac.id/json/ https://jurnal.akperngawi.ac.id/css/. https://jurnal.akperngawi.ac.id/class/ https://jurnal.akperngawi.ac.id/file/ https://rsud.langkatkab.go.id/wp-content/api/ https://rsud.langkatkab.go.id/wp-content/css/ https://rsud.langkatkab.go.id/wp-content/file/ https://rsud.langkatkab.go.id/wp-content/data/ https://pmb.itats.ac.id/wp-content/class/ https://pmb.itats.ac.id/wp-content/css/ https://pmb.itats.ac.id/wp-content/font/ https://pmb.itats.ac.id/wp-content/api/

https://axis9.com

Sv388