PERAN MEDIA DALAM MEMAKSIMALKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Abstract
Artikel ini mengkaji tentang peran media dalam memaksimalkan efektivitas pembelajaran pada pendidikan dan pelatihan. Penelitian pada artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran media pada bidang pendidikan dan pelatihan dalam memaksimalkan efektivitas pembelajaran oleh guru dan siswa. Artikel ini diteliti dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research. Pengumpulan data bersumber dari data primer dan sekunder yaitu melalui buku-buku, artikel jurnal, dan literature karya ilmiah lainnya. Hasil penelitian artikel peran media dalam memaksimalkan efektivitas pembelajaran pada pendidikan dan pelatihan menunjukkan bahwa media memiliki peran penting dalam pendidikan dan pelatihan yaitu pada proses pembelajaran oleh guru dengan siswa dan oleh supervisor atau kepala sekolah dengan guru sebagai peserta dalam pelatihan. Peran media dalam proses pembelajaran oleh guru dengan siswa yaitu sebagai Alat perantara untuk memperjelas efektivitas pembelajaran dan untuk mengangkat persoalan yang akan dikaji lebih lanjut. Begitu juga dengan peran media dalam proses pelatihan pendidikan oleh supervisor terhadap guru yaitu sebagai alat perantara pesan serta komunikasi efektif yang akan meningkatkan keterampilan mengajar dan efisiensi dalam proses pelatihan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar F & Pajarianto, dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0.
Arfandi. 2020. “Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Edupedia 9(1):74–85.
Basri, Hasan, dan Rusdiana. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Bretz, Rudy. 1977. A Taxonomy of Communication Media. New York: New York: Education Technology Publications.
Eko, Widodo Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gunawan, dan Asnil Aidah Ritonga. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian Kepustakaan. Malang: Literasi Nusantara.
Hamzah, Pagarra, Syawaluddin Ahmad, Krismanto Wawan, dan Sayidiman. 2022. Media Pembelajaran. Jawa Timur: Badan Penerbit UNM.
Harsono. 2011. Sistem Administrasi Kepegawaian. Bandung: Fokus Media.
Haryanto A.G, Hartono Ruslijanto, dan Datu Mulyono. 2000. Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah: Buku Ajar untuk Mahasiswa. Jakarta: Jakarta EGC.
Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tasdin Tahrim, Ahmad Mufit Anwari, Azwar Rahmat, Masdiana, dan Made Indra. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group.
Hidayat, Rahmad, dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Konsep, Teori, Teori, dan Aplikasinya.
Injany, Astrid Dwi, dan Cindi Eka Ardianti. 2021. “Langkah-langkah pemilihan media pembelajaran dalam program pelatihan.” Seminar Nasional Kewarganegaraan 3(1):131–35.
Irawan, Randi. 2022. Konsep Media dan Teknologi Pembelajaran. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara Anggota IKAPI.
Junaidi. 2019. “Peran Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan 3(1):45–56.
Kristanto, Andi. 2016. Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang sutabaya.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Dharma.
Nasution, Youke Faradhilla, Warsono Hardi, dan Hesti Lestari. 2016. “Pengaruh pendidikan dan pelatihan serta motivasi terhadap kinerja pegawai kantor pengawasan dan pelayanan bea cukai (kppbc) tipe madya pabean tanjung emas semarang.” Journal Of Public Policy And Management Review 5(3).
Oktaviana, Risqa Tri. 2019. “Pemamfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat).” Madika: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakaan 5(1):91–94.
Ramli, Anwar, Rahmatullah Rahmatullah, Inanna Inanna, dan Taslim Dangnga. 2018. “Peran Media dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar.” Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar 1(7).
Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Kalimantan Selatan: Antasari Press.
Sindang, Ennoch. 2013. “Manfaat Media Sosial dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan.” Widyaiswara Madya Pusdiklat KNPK.
Susilawat & Ardiansyah, dkk. 2023. Media dan Teknologi Pendidikan. Bandung: Widina Bakti Persada Bandung.
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. cet. 4. Jakarta: Kencana.
Zed, Mestika. 2008. Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zed, Mustika. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. cet. 3. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.720
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Published by :
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com
.