PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK AKHLAK ISLAMI ANAK
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau yang bertujuan mendeskripsikan, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran dan tindak lanjut orang tua dalam membentuk akhlak islami anak. Menggunakan penelitian deskriptif kualitatif jenis studi kasus (case study) dengan pendekatan naturalistic. Informannya seluruh warga desa Kubang Jaya yang memiliki anak usia Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dengan teknik purposive sampling. Peneliti sebagai human instrument. Teknik pengumpulan data; observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification, serta triangulasi sumber dan teknik sebagai penguji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan anak memiliki akhlak terpuji yang sesuai dengan ajaran agama Islam, terjalinnya hubungan emosional, kerjasama, informasi dan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, cara orang tua dalam membentuk akhlak anak dengan kondisioning (kebiasaan) dan pengertian (insight), serta dengan menggunakan model atau contoh secara langsung dan perhatian orang tua terhadap anak kini lebih banyak lagi dari sebelumnya, baik itu dalam cara anak berperilaku maupun dalam bidang pendidikannya. Dari hasil penelitian ini diharapkan orang tua lebih meningkatkan perannya dalam penanaman nilai – nilai keagamaan anak dan memberikan tanggung jawab kepada anak sesuai dengan kemampuannya dengan pengawasan terhadap pergaulan anak tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Abdurrahman Ahmad. Fadhilah Wanita Shalihah. Cirebon: Pustaka Nabawi, tt.
A.Qodri A.Azizy. Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial. Semarang: Aneka Ilmu, 2003.
Abd. Rachman Assegaf. Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif – Interkonektif. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Abuddin Nata. Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu – Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Abuddin Nata. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2003.
Ahmad Amin. Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: Bulan Bintang, 1986.
Alfiah. Hadis Tarbawi (Pendidikan Islam Tinjauan Hadis Nabi). Pekanbaru: Al Mujtahadah Press, 2010.
Hasan Langgulung. Manusia dan Pendidikan, Analisis Psikologi dan Pendidikan. Jakarta:Pustaka Al-Husna,1986.
Jalaludin Al-Syuyuti. Al-Shaghir. Beirut, Dar Al-Ikri, Tanpa Tahun, Jilid 1.
M. Arifin. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoretis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Dadang Sobar Ali. Akhlaquna. Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Redaksi Sinar Grafika. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
S. Nasution. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Sardiman A.M. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alafabeta, 2011.
Suharsismi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Pt. Rineka Cipta, 2006.
Umar Baradza. Bimbingan Akhlak Bagi Putra-Putri Anda-2. Surabaya: Pustaka Progressip, 1992.
Zaitun. Sosiologi Pendidikan. Pekanbaru: Mahkota Riau, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v7i1.82
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.