IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ISLAM DI PESANTREN: PELUANG DAN TANTANGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan kewirausahaan berbasis keislaman di pondok pesantren Ummul Quro Pekanbaru, dengan fokus pada peluang dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah metode deskriptif kualitatif di pondok pesantren Ummul Quro Pekanbaru. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berbasis keislaman menawarkan sejumlah peluang, antara lain: peningkatan kemandirian santri, penguatan ekonomi pesantren, serta pemberdayaan masyarakat sekitar. Tantangannya berupa keterbatasan sumber daya, kurangnya akses ke pasar yang lebih luas, dan pemahaman yang belum merata tentang konsep kewirausahaan di kalangan santri dan pengajar. Secara keseluruhan, pendidikan kewirausahaan berbasis keislaman di pesantren memiliki prospek yang menjanjikan dalam menciptakan wirausahawan yang beretika dan berjiwa Islami. Oleh karena itu diperlukan beberapa strategi untuk mengatasi berbagai tantangan yaitu penguatan kurikulum kewirausahaan, pelatihan bagi tenaga pendidik, pemanfaatan teknologi digital, pembentukan jiwa kewirausahaan santri, dan integrasi nilai-nilai keislaman dan ekonomi kreatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Malik M. Thaha Tuanaya, B. P. dan P. A. J. (Indonesia). (2007). Modernisasi pesantren. A. Malik M. Thaha Tuanaya, Balai Penelitian Dan Pengembangan Agama Jakarta (Indonesia).
Afriyanti, D. (2024). Analisis Peran Wanita Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga . AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 10-15. https://doi.org/10.56184/jam.v2i1.368
Afriyanti, D., & Yuanda, L. (2024). Implementasi Praktik Kewirausahaan Islam Pada Mahasiswa Stai Imam Syafii Pekanbaru. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 26-32. https://doi.org/10.56184/jam.v2i1.370
Alma, B. (2008). prof-dr-h-buchari-alma-kewirausahaan-untuk-mahasiswa-dan-umum-intro-pdf_compress.pdf. In Bandung: Alfabeta.
Amir, H. (2024). Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Pelaksanaan Umrah Tamu Raja Salman. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 53-61. https://doi.org/10.56184/jam.v2i2.397
Anugrah, R. L., Zuhair, A., & Ambowo, R. (2023). Optimalisasi Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Kualitas Lulusan Dan Alumni. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 40-53. https://doi.org/10.56184/jam.v1i1.305
Anugrah, R. L., Zuhair, A., & Ambowo, R. (2023). Optimalisasi Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Kualitas Lulusan Dan Alumni. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 40-53. https://doi.org/10.56184/jam.v1i1.305
Darmawan, D. (2024). Pendidikan Pesantren Berbasis Entrepreneurship. Times Indonesia. https://timesindonesia.co.id/kopi-times/496567/pendidikan-pesantren-berbasis-entrepreneurship
Eka Febri Anita. (2012). Aplikasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Dunia Pendidikan. https://assetanita.blogspot.com/
Engelina Siregar, K. (2023). Bentuk Pengembangan Sdm Di Lembaga Pendidikan Islam : Urgensi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 30-39. https://doi.org/10.56184/jam.v1i1.272
Fachrurazi, D., & Ramadhani, K. (2023). Optimizing Digital Literacy Management : Synergy Between Teachers and Parents in Society 5 . 0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 13(02).
Fauzi Ardian. (2024). Problematika Nafkah Dan Pemeliharaan Kerabat Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif Di Indonesia (Studi Kasus Upt Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Provinsi Riau). AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 33-52. https://doi.org/10.56184/jam.v2i2.390
Handayani, Ririn. 2013. Kewirausahaan berbasis pesantren, diakses dari http://www.ririnhandayani.com/2013/01/menggagaspesantren-sebagai. html), pada tanggal 12 April 2017 pukul 19.14
Hidayati, H. (2023). Implementasi Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 410-417. doi:http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.610
Madjid, N. (1997). Bilik-bilik pesantren: sebuah potret perjalanan. Paramadina. https://books.google.co.id/books/about/Bilik_bilik_pesantren.html?id=ln2dAAAAMAAJ&redir_esc=y
Merriam, Sharan B. &Tisdell, E. J. (2016). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. San Francisco: Jossey-Bass. https://books.google.co.id/books/about/Qualitative_Research.html?id=JFN_BwAAQBAJ&redir_esc=y
Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/200672/metodologi-penelitian-kualitatif
Mukti. (2004). Rekonstruksi pesantren masa depan: dari tradisional, modern, hingga post modern. Listafariska Putra. https://books.google.co.id/books/about/Rekonstruksi_pesantren_masa_depan.html?id=Qm6dAAAAMAAJ&redir_esc=y
Mulyani, R. (2023). Pembelajaran Membaca Untuk Siswa Jurusan Timur Tengah Di Pondok Pesantren Ar Risalah Padang. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 54-63. https://doi.org/10.56184/jam.v1i1.357
Mulyani, R. (2023). Pembelajaran Membaca Untuk Siswa Jurusan Timur Tengah Di Pondok Pesantren Ar Risalah Padang. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 54-63. https://doi.org/10.56184/jam.v1i1.357
Nur Fadillah, D. (2024). Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 10-21. https://doi.org/10.56184/jam.v2i2.391
Nurhasanah, N. (2023). Pengaruh Pola Asuh Asrama Dan Budaya Organisasi Terhadap Perkembangan Sosioemosional Santriwati Asrama Pondok Pesantren Musthofawiyah Mandailing Natal. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 21-29. https://doi.org/10.56184/jam.v1i1.265
Ramadhan, A. R. (2023). Harmonisasi Hukum Positif Dan Fikih Pernikahan Dalam Praktik Penggabungan Tempat Tinggal Pada Rumah Tangga Poligami. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 1-20. https://doi.org/10.56184/jam.v1i1.257
Ramadhani, K., Fachrurazi, D., & Maulina, I. (2022). Evaluation of Teacher Performance Using the WhatsApp Application in Online Learning. MADRASAH: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 15(1), 51–65.
Rambe, S., Risnawati, R., & Rizqa, M. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Di SMPN 42 Pekanbaru. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(2), 1-16. doi:http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v14i2.922
Sagala, S. (2005). Adiministrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta. https://digilib.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=21807
Semjan Putra, A. M., & Mufarid, A. (2024). Urgensi Pendidikan Ilmu Aqidah Dalam Kurikulum Merdeka Dalam Menyosong Indonesia Emas 2045. AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.56184/jam.v2i2.395
Semjan Putra, A. M., Ermansyah, E., & Mubarak, A. (2024). Peran Pendidikan Aqidah Pada Kurikulum Merdeka Untuk Mewujudkan Generasi Indonesia Emas . AL-MA’LUMAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 22-32. https://doi.org/10.56184/jam.v2i2.396
Siagian, Sondang, P. 1992. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: AlFabeta
Suhartini. 2005. Problem Kelembagaan Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren, dalam A. Halim et. al. (eds). Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren
Susanto, B., Lasmiadi, L., Mualif, A., Wismanto, W., & Zhafirah, A. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 327-337. doi:http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i2.567
Wahyono, S., & Tarbiyah, F. (2010). Inovasi Hidden Curriculum Pada.
Wianardi. 2004. Entrepreneur dan entrepreneurship. Jakarta:Pranata Media
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i2.821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
macau 4d situs toto situs togel