PENDIDIKAN SEBAGAI PILAR MEWUJUDKAN VISI ARAB SAUDI 2030
Abstract
Pendidikan menjadi pilar penting dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional Arab Saudi, terutama dalam konteks Saudi Vision 2030, yang bertujuan untuk mentransformasi ekonomi dan sosial negara tersebut. Kebijakan pendidikan yang dirancang dalam kerangka visi ini berfokus pada pengembangan keterampilan generasi muda agar mampu bersaing dalam pasar global yang semakin dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan Arab Saudi dalam Visi 2030 serta dampaknya terhadap generasi muda, terutama dalam hal kesiapan mereka menghadapi tantangan global dan peran mereka dalam pembangunan nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan analisis dokumen. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti jurnal akademik, laporan resmi pemerintah, dan publikasi dari organisasi internasional. Fokus penelitian terletak pada perubahan kurikulum, adopsi teknologi dalam pendidikan, partisipasi perempuan, serta pengaruh kebijakan tersebut terhadap peningkatan keterampilan generasi muda dalam bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi pendidikan dalam Visi 2030 telah memberikan dampak positif, terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan dan kesadaran generasi muda akan pentingnya peran mereka dalam pembangunan ekonomi. Kebijakan ini juga memperlihatkan kemajuan dalam partisipasi perempuan di bidang pendidikan tinggi, serta digitalisasi pendidikan yang makin meluas. Namun, masih terdapat tantangan, seperti ketimpangan akses pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta resistensi terhadap perubahan dari sebagian kalangan pendidik. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa kebijakan pendidikan Arab Saudi dalam Visi 2030 berada di jalur yang tepat untuk menciptakan generasi muda yang kompetitif dan inovatif, meskipun diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengatasi tantangan yang ada dan memastikan bahwa kebijakan tersebut diterapkan secara merata di seluruh wilayah negara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajie Putra, Pramana, and Januari T Pratama Nurratri. 2024. “Upaya Arab Saudi Mewujudkan Kesetaraan Gender Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Program Arab Vision 2030.” Jurnal Hukum & Pembangunan Masyarakat 15, no. 7
Ali, Muhammad. 2021. “Arah Kebijakan Militer Arab Saudi Di Bawah Komando Mohammed Bin Salman (MBS) Menghadapi Visi Saudi 2030.” Jurnal of Middle East and Islamic Studies 8, no. 2 . https://doi.org/10.7454/meis.v8i2.
Ali, Salem, Asyraf Isyraqi Jamil, Fakhrul Adabi, Abdul Kadir, Salem Ali. 2018. Universitas Malaya, Kuala Lumpur, et al. “Machine Translated by Google Aktivitas Pendidikan Dalam Pendidikan Islam : Evaluasi Mata Kuliah Hadits Kelas Menengah Pertama Di Kerajaan Arab Saudi Machine Translated by Google” 25, no. 3
Aliffitria, Bhilla. 2023. “Kebijakan Luar Negeri Arab Saudi Terkait Perempuan Dalam Kerangka Visi 2030.” Jurnal ICMES 7, no. 2 152–76. https://doi.org/10.35748/jurnalicmes.v7i2.178.
Amelia, Ulya. 2023. “Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan.” Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1. 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415.
A Munir and Riwayat Artikel. 2023. “Struktur Dan Kurikulum Pendidikan Islam Di Arab Saudi: Landasan Dan Implementasi INFO ARTIKEL ABSTRAK,” Strategi Pembinaan Guru ….309 Instructional Development Journal. 309–16, http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ
Blanchard, Christopher. 2008. and Urusan Luar Negeri. “Sekolah Agama Islam, Madrasah : Latar Belakang,”
Fadillah Syahril Ramadhan, and Hafid Adim Pradana. 2024. “Diplomasi Sepak Bola Arab Saudi Sebagai Strategi Mewujudkan Saudi Vision 2030.” Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton 10, no. 2 426–39. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i2.4921.
Febrian, Permana., & Murah, Syahrial. 2024. “Kebijakan Dan Implementasi Ekonomi Syariah Di Arab Saudi ( Studi Komparasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Ekonomi Syariah Di Negara Islam )” 2, no. 3. 365–70.
Hamad, Abdullah Al Fozan Chairman and Senior Partner KPMG in Saudi Arabia, Kingdom of Saudi Arabia Budget Report (A review of KSA 2019 budget and recent economic developments)
Hamdi, Saipul. 2021. “Tantangan Migrasi, Pengelolaan Remitansi, Dan Kekerasan Terhadap Buruh Migran Perempuan Asal Lombok Di Malaysia Dan Arab Saudi.” RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual 3, no. 1. 22–24. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v3i1.60.
Hendra, Muhammad Hendra. 2022. Pendidikan Arab Saudi: Tantangan dan Reformasi , Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, Vol. 18 No. 1.
Ibnuyasa, Abiyu, and Resa Rasyidah. 2023. “Upaya Arab Saudi Menggapai Saudi Vision 2023: Nation Branding via Event F1 Tahun 2020-2022.” Jurnal Hubungan Internasional 16, no. 2. 510–27. https://doi.org/10.20473/jhi.v16i2.41698.
Internasional, Jurnal, Pendidikan Inklusif, and Rafah Hadi Alyami. 2016. “Machine Translated by Google Pendidikan Dan Kesempatan Kerja Bagi Perempuan Saudi : Keadilan Itu Penting Machine Translated by Google” 5. 868–72.
Mukminin, Amir, and Dkk. 2023. Konsep Dasar Tekhnologi Pendidikan.
Munir, A. 2023. “Struktur Dan Kurikulum Pendidikan Islam Di Arab Saudi: Landasan Dan Implementasi INFO ARTIKEL ABSTRAK.” Strategi Pembinaan Guru ….309 Instructional Development Journal. 309–16. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ.
National, Developing, and Capacity In. 2007. “Tatweer Project Developing National Capacity In Public Tatweer Project Developing National Capacity” 1, no.1.
Najah Al-Otaibi, Vision 2030: Religious Education Reform in the Kingdom of Saudi Arabia, King Faisal Center For Research and Islamic Studies, 1 September, 2020 / Muharram 1442 H
Pare, Alprianti, and Hotmaulina Sihotang. 2023. “Pendidikan Holistik Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3. 27778–87.
Permana, Febrian, and Murah Syahrial. 2024. “Kebijakan Dan Implementasi Ekonomi Syariah Di Arab Saudi ( Studi Komparasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Ekonomi Syariah Di Negara Islam )” 2, no. 3. 365–70.
Prokop, Michaela. “Arab Saudi : Politik Pendidikan,”
Report, Quarterly Progress. 2009. “Usaid /Tatweer Program,” no. JUNE.
Riyanto, Agung, and M Fathoni. 2022. “Analisis Ant (Actor Network Theory) Dalam Presidensi G20 Arab Saudi Tahun 2020 Untuk Menghadapi Tantangan Perekonomian Global Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Hubungan Internasional Peradaban 1, no. 1
Saudi Vision 2030. Annual Raport 2023. https://www.vision2030.gov.sa/en/annual-reports#
Sholihah, Nahdhiyatus, Andi Khaeratul Ummah, Wildana Wargadinata, and Haura Jannah. 2023. “Transformation of the Roles of Saudi Arabian Women Post-Implementation of the ‘Saudi Vision 2030’ in the Perspective of Modernism.” Jurnal CMES 16, no. 2. 201. https://doi.org/10.20961/cmes.16.2.69354.
Sidiqoh, Saudah. 2023. Hukum keluarga Islam, Winning Son Ashari, and Hukum Keluarga Islam. “Al-Usariyah : Jurnal Hukum Keluarga Islam Volume 1 Nomor 3 November 2023 م وقل تايلآ كل ذ يف ن إ ِ ِۚ ة م حرو ةدوم مكنيب لعجو اهي ل إ ِ او نكستل ا جاوزأ مكسفنأ ن م مك ل ق ل خ ن أ ه تايآ ن م و نوركفت ي” 1, no. 3
Susianita, Resta Ayu, and Lilia Pasca Riani. 2024. “Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi.” Prosiding Pendidikan Ekonomi.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v14i2.846
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
macau 4d situs toto situs togel