PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 42 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran PAI yang berbasis nilai-nilai profil pelajar Pancasila di SMPN 42 Pekanbaru. Berdasarkan pentingnya integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan, modul ini dirancang untuk mendukung pembentukan karakter siswa yang beriman, mandiri, gotong royong, kritis, kreatif, dan menghargai keberagaman. Proses pengembangan modul mengikuti model 4-D, yang memiliki empat tahap: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun peneliti hanya fokus pada tahap pengembangan (develop). Lembar validitas instrumen dan modul digunakan dalam penelitian ini. Analisis deskriptif digunakan dalam analisis data. Sebuah modul berbasis nilai-nilai profil pelajar pancasila tercipta dari hasil kajian yang dilakukan. Skor rata-rata diperoleh sebesar 88% dari hasil validasi validator yang tergolong sangat valid. Diharapkan, modul ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMPN 42 Pekanbaru, tetapi juga menjadi referensi bagi pengembangan kurikulum di sekolah lain. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam upaya menciptakan siswa yang memiliki karakter kuat dan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad. 2021. Memaknai dan Mengembangkan Keberagaman Peserta Didik Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2).
Amir, I., Nursalam, N., & Mustafa, I. 2022. Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 204–215. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7587
Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Fatmawati, I. (2021). The Role of Teachers in Curriculum Development and Learning. Revorma, Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 20–37. http://ejournal-revorma.sch.id
Mariam, M., & Prayoga, A. F. 2022. Efektivitas Modul Ajar guna Mengoptimalkan Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Menggunakan Augmented Reality (AR). Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 1–12. http://pijar.saepublisher.com/index.php/jpp/article/view/41
Mery, Martono, Hadijah, S., & Hartoyo, A. 2022. Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Research & Learning in Elementary Education, 6(5).
Nurgraheni, R., Marini, A., Nurasiah, Nafiah, M., & Iis. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.
Ramadhani, K. (2022). Model Pembelajaran Abad 21: Teori dan Praktik. Pena Persada.
http://tinyurl.com/Model-Pembelajaran-Link
Ramadhani, K., & Hariyadi, A. S. (2022). The Principal’s Role In Maintaining Teacher
Commitment Through Quality Culture After The Covid-19 Pandemic. Ar-Rosikhun:
Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 9–18.
https://doi.org/10.18860/rosikhun.v2i1.17400
Rodhiyana, M. 2023. Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.58569/jies.v1i2.575
Sofnidar, & Yuliana. 2018. Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. 3(2).
Suhendri. 2021. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Sebuah refleksi). SMAN 1 Damar.
Sulistiawati, A., Khwani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3).
Sutarti, T., & Irawan, E. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Deepublish.
Sutiyono. 2022. Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 110.
Utami, S. S. 2019. Pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan pada siswa kelas xi apk1 di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(2), 6–13.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v14i2.922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
macau 4d situs toto situs togel