PENGARUH PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP KARAKTER SANTRI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter santri yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program Tahfidz al-qur’an di Pondok Pesantren Hasanatul Barokah, untuk mengetahui karakter santri dan untuk mengetahui pengaruh program Tahfidz al-qur’an terhadap karaker santri di Pondok Pesantren Hasanatul Barokah Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian ini yakni penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri yang berjumlah 313, sedangkan sampel penelitian yakni peneliti menetapkan random sampling yakni pengambilan sampel secara acak sehingga sampel 76 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan korelasi product moment SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program tahfiz al-qur’an yang ada di Pondok Pesantren Hasanatul Barokah sudah baik, sebagaimana setiap program yang ditetapkan dari syarat Tahfidz dan strategi menghafal dapat dilakukan oleh para santri. Karakter santri Pondok Pesantren Hasanatul Barokah sudah memperlihatkan telah dimilik oleh setiap santri, yang ditunjukan dengan perilakunya seperti jujur, tanggung jawab, berkata sopan, taat dalam ibadah seperti shalat, dan suka menolong teman ketika membutuhkan bantuan. Pengaruh program Tahfidz qur’an terhadap karakter santri menunjukan hasilnya bepengaruh signifikan dan positif. Berpengaruh positif artinya semakin baik program Tahfidz qur’an dilaksanakan maka semakin baik dan tinggi karakter santri, dimana secara statistik memperlihatkan nilai t hitung > t table atau nilai sig 0,000 < 0,05. Selain itu besarnya kontribusi pengaruhnya sebesar 27,8%.).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Agus Yosep. Konsep Implementasi Huffadzul Qur'an Tahfidz I. Jakarta: Guru Besar Syarif Hidayatullah.
Abdussamad. 2019. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Program Tahfidz Al-Qur’an Juz Amma Di Sdit Al-Uswah Pamekasan. Pamekasan : IAIN Madura. Tesis.
Al-Ghautsani, Yahya. (2018). 25 Metode Menghafal Al-qur'an Terbaik. Digital Publishing.
Al-Mazyad, Ahmad dan Adil Asy-Syady. (2020). Cara Mudah Menghafal Al-qur'an dan Menjaga Hafalan. Jakarta: Darul Haq.
Amelia, Citra. (2021). Dampak Program Tahfidz Al-qur'an Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negri 2 Langsa.
Anwar, Rosihon. (2013). Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka setia.
Arikunto, Suharsimi. (2022). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Awaludin. (2018). Peranan Tahfidz Qur'an Terhadap Pembentukan Karakter Santri Yayasan Nidaulamin Bojo Kabupaten Barru. Skripsi.
Azzet, Ahmad Muhaimin. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Baduwailan, Ahmad. (2016). Menjadi Hafizh Tips & Motivasi Menghafal Al-qur'an. Solo: PT Aqwam Media Profetika.
Data TU MTs Hasanatul Barokah Suka Maju Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu, 7 November 2022
Efendi, Rinja dan Asih Ria Ningsih. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: CV Qiara Media.
Gunawan, Muhammad Ali. (2013). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Hamam, Hasan bin Ahmad bin Hasan. (2018). Menghafala Al-qur'an itu Mudah. Jakarta: Dar al-Hadharah.
Hamid, Hamdani dan Beni Ahmad Saebani. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Handayani, Fiky. 2021. Program Tahfidz Al Qur’an Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sdit Al Bhasirah Palopo. Palopo:IAIN Palopo. Skripsi.
Hidayah, Aida. (2017). Metode Tahfidz Al-qur'an untuk Anak Usia Dini. Jurnal, 59.
Izani, Rizki. (2018). Pengaruh Tahfizul Qur’an terhadap Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Tahfidz An Nur Yadrusu Malang .
Izzan, Ahmad Hendri Fajar Agustin. (2020). Metode 4 M Tahfidz Qur'an Bagi Disabilitas Netra. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Jati.
Jauhari, Heri. (2013). Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.
Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Erkangga.
Mostari, Mohamad. (2011). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang.
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Kritis Multidimensional). Jakarta: Bumi Aksara.
Nasehudin, Toto Syatori dan Nanang Gozali. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Nujumuddin. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Tahfidz Al-qur'an di SD IT Al-Imam Asy-Syafi'i.
Rahimahullah, Syekh Ali Jaber. (2023). Cara Mudah Menghafal Al-qur'an. Jakarta: Pustaka Elmadina.
Ramadhani, K. (2022). Model Pembelajaran Abad 21: Teori dan Praktik. Purwokerto: Pena Persada. http://tinyurl.com/Model-Pembelajaran-Link
Ritonga, A. W., Ramadhani, K., Prihantini, T., & Desrani, A. (2024). Perkembangan Digital : Upaya Orang Tua dalam Mencegah Degradasi Akhlak Anak. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i1.715
Rizkia, Alfi Novianti. 2021. Implementasi Tahsin Dan Tahfidz Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sdit Al-Qur’aniyyah. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Skripsi.
Rizkiya, Neyli Deva. 2021. Pembentukan Karakter Melalui Program Tahfidzul Qur’an pada Santri Ma’had Bahrul Fawaid lamongan. Surabaya: UIN Sunan Ampel. Skirpsi.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter I. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setyosari, Punaji. (2015). Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Shobirin, Muhammad. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al-qur'an dalam Penanaman Karakter Islami. Quality.
Sriwilujeng, Dyah. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Erlangga.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
W, Widiantoro dan Romadhon. (2015). Prilaku Melanggar Peraturan Pada Santri diPondok Pesantren. Psikologi, 32 & 38.
Wahya, & dkk. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk Pelajar Mahasiswa dan Umum. Bandung: Ruang Kata.
Wawancara dengan Guru Tahfidz Ustadz Sholeh Hasibuan di Pondok Pesantren Hasanatul Barokah, tanggal 3 Juni 2022 di Desa Suka Maju.
Wiwi, Alawiyah. (2015). Panduan Menghafal Al-qur'an Super Kilat. Yogyakarta: Diva Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v13i2.973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
macau 4d situs toto situs togel