ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL MA ARIF HIDAYATUL MUBTADI’IN KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru dalam penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al MA’ARIF Hidayatul Mubtadiin. Rumusan masalah penelitian yakni 1) Bagaimanakah Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Al MA Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu?, 2) Apakah impelementasi kurikulum 2013 yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak sudah berjalan efektif dan maksimal di MTs Al-MA Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu ?. Sedangkan tujuan penelitian yakni 1) Untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Ma’Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu, 2) Untuk mengetahui seberapa efektif dan maksimal impelementasi kurikulum 2013 yang diterapkan oleh guru Akidah Akhlak di MTs Al-Ma Arif Hidayatul Mubtadi’in Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al Ma’arif Mubtadiin, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Analisis penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran akidah akhlak dapat diterapkan dengan sangat baik sesuai dengan langkah-langkahnya dalam menerapkan kurikulum 2013, sebagaimana berdasarkan hasil penelitian terlihat dari 2 kali observasi dengan 3 guru akidah akhlak menunjukkan dalam tiap pertemuannya mengalami peningkatan yang baik dalam pelaksanaannya, hal ini terlihat hasil observasi pertama guru pertama yakni mencapai 56% dan pertemuan kedua 86%, sedangkan hasil observasi guru kedua pertemuan pertama mencapai 78% dan pertemuan kedua mencapai 91% selanjutnya observasi guru ketiga pertemuan pertama mencapai 82% dan pertemuan kedua mencapai 86%, berdasarkan hasil ini dapat dikatakan penerapan kurikulum 2013 mengalami peningkatan sangat baik dimana mencapai rata-rata 81%-100% atau dapat dikatakan sempurna dalam penerapannya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwi, Hasan . 2012. Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Amri, Sofan. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran, Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya
Badrun, K,. Amat J,.dan Heri R,. 2013. Kesiapan SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengimplementasikan kurikulum Tahun 2013. Yogyakarta, Jurnal K13 Vol 1. No.2
Dakir, 2010. Perencanaan & Pengembangan Kurikulum.Jakarta: PT.Rineka Cipta
Herawati, Aty. 2016. Teknik Penyelesaian Penelitian Kualitatif, Jakarta: Universitas Terbuka. Jurnal Statistik dan Probabilitas Vol 3. No.4, diakses Tanggal 27 Novmber 2016
Kosasih, 2018. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Yrama Widya
Kunandar, 2015, Penilaian autentik (penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013, Jakarta: Raja Grfindo Persada
Kurniasih, I. & Sani, 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan.Surabaya: Kata Pena,
Matital, Jacoba. 2014. Evaluasi Penerapan Kurikulum 2013 pada SMA Negeri di Kota Ambon. Maluku. Jurnal Akidah Akhlak Pendidikan Vol. 1 No.3
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Rosda Karya
_________, 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nugraheni , Aninditya Sri & Ratna Rahmayanti, 2016. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di MI Al Islam Tempel dan MI Al Ihsan, (Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 1, Nomor 2, November 2016 P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794)
Nurdin, Syafruddun. 2009. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press
Permendikbud RI, No 65 tahun 2013. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bab IV
Permendikbud, No 81A tahun 2013, Lampiran IV Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Refita, Aqdwirida, Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi I Vol . V Tahun 2016
Riduwan, 2013. belajar mudah penelitian, Bandung: Alfabeta.
________, 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010
Rosidah dan Sulistiyani, 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Grafindo
Sani, Ridawan Abdullah . 2016, Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
_________, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suprapti. 2014. Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia SD di Kota Surakarta. Surakarta. UNS. Jurnal Pendidikan. Vol.2 No.2
Uno, Hamzah B . 2012, Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bandung : Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v10i1.263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Published by :
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com