KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM RAMBAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiProses komunikasi guru menjelaskan pelajaran dalam pembelajaran PAI di SMA Islam Rambah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru dalam pembelajaran PAI di SMA Islam Rambah sudah terlaksana dengan baik dan dilakukan secara efektif, yaitu: dengan melakukan penjelasan pelajaran dengan jelas dan dengan bahasa yang baik dan benar, penyederhanaan kata dalam menjelaskan pelajaran, menjelaskan pelajaran dengan metode pembelajaran yang bervariasi, penggunaan alat dan media pembelajaran yang mendukung, serta penuh kesabaran dalam menjelaskan pelajaran dan pengulangan. Upaya guru mengatasi kendala komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran PAI di SMA Islam Rambah sudah terlaksana dengan baik, dengan melakukan upaya berhati-hati dalam mengajar dengan selalu memperhatikan keadaan siswa dan memahami perubahan minat belajar siswa serta berusaha mengendalikan kelas dengan aman dan kondusif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Syafaruddin, 2008. Efektifitas Kebijakan Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Departemen Agama, 1982. Metodik Pendidikan Agama, Jakarta : Proyek Peningkatan Mutu
Hawi, Akmal (2013) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Kamus Bahasa Indonesia. 2012. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Mesiono. 2012. Manajemen Organisasi, Bandung : Citapustaka Media Perintis
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J, 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Wawancara dengan guru bidang studi PAI Elmi Hayati pada hari kamis tanggal 13 April 2021 pukul 13.38 wib.
Wawancara dengan kepala sekolah Hidayati. pada hari kamis tanggal 13 April 2021 pukul 14.00 wib.
DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v10i1.337
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
macau 4d situs toto situs togel