PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 11 KOTA JAMBI

Cadika Eka Prawira, Rasimin Rasimin, Fellicia Ayu Sekonda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang persepsi siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring pada kelas X SMAN 11 Kota Jambi selama masa pandemi Covid-19.Jenis penelitian adalah deksriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 11 Kota Jambi dengan sistem pembelajaran daring yaitu 105siswa.Pengumpulan data menggunakan angket efektivitas pembelajaran.Analisis data dengan analisis deskriptif dengan perhitungan kategori dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsisiswa terhadap pembelajaran daring pada kelas X SMAN 11 Kota Jambi dengan persentase rata-rata 67% termasuk dalam kategori cukup bagus diterapkan melalui sistem pembelajaran daring (online). Persepsi siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 yang terdiri dari 6 aspek dengan rincian indikator kurikulum pembelajaran daring relevam dengan kebutuhan siswa dengan skor 67% termasuk kategori tinggi, kemudian indikatorsegmentasi konten dan fleksibilitas penjadwalan waktu belajar bagi siswa dengan skor 65% termasuk kategori tinggi, selanjutnya indikatorkonsep yang menarik dengan mengguakan teknik pembelajaran yang kreatif dengan skor 65% termasuk kategori tinggi, selanjutnya indikaor interaktivitas antar siswa dengan skor 68% termasuk kategore tinggi, indikator teknologi dengan skor 70% termasuk kategori tinggi dan yang indikator karakteristik guru atau pengajar dengan skor 68%  termasuk kategori tinggi.


Keywords


Persepsi Siswa Dan Pembelajaran Daring

References


Amiiroh, L., & Syahrial, S. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Pembelajaran Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).Https://repository.unja.ac.id

Amir, Z. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika.

Anggito, Dkk. 2018.Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anugraha, A. (2020) Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,10(3)

Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2). Https://Pbpp.Ejournal.Unri.Ac.Id

Arikunto, S. (2009).Manajemenn Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Atiqoh, L. N. (2020). Respon orang tua terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45-52.

Dananjaya, Utomo.(2013). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61

Erita, S. (2016).Aspek-Aspek Psikologis Dalam Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1).

Fathurrohman, Muhammad. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern Yogyakarta: Garudhawaca

Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020).Persepsi Siswa Sman 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264-270. Https://Www.E-Journal.My.Id

Iskandar, A. 2012.Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni

Isman, A., & Aksal, F. 2004. Students’ Perceptions of Online Learning.Nurse Educator, 29(3), 111-115.

Jasmalinda, dkk. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3)

Laili, N. (2020). Aspek Psikologi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Dengan Capaian Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Vokasi. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 7-16. Https://Jurnal.Stikespamenang.Ac.Id

Mahsun.(2007). Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Manzilati, Asfi. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, Dan Aplikasi. Malang: Ub Media.

Mapata, D. (2021). Konsep Dan Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Pembelajaran Berbasis Riset (Research Based Learning), 1.

Marbun, S. M., Th, S., & Pdk, M. (2018). Psikologi Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Meidawati, dkk.(2019). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.PROSDING Seminar Nasional Sains dan Enterpreneurship VI

Miftah Toha. (2014). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada

Moleong, Lexy J. (2013).Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Nashar.(2014). Peranan Motivasi Dan Peraturan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Ningsih, S. (2020).Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132.

Nova, D. A. O., Dwikoranto, D., & Lestari, N. A. (2021).Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Berbasis Ecopedagogy Dengan Metode Daring Selama Pandemi Covid-19. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 19-26. Http://Journal.Ummat.Ac.Id

Nugroho Eko. (2019). ”Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan PembelajaranDaring.http://prosiding.seminarid.com/index.php/sainteks/article/view/122.

Nuraini, N., Amelia, A. R., & Lyesmaya, D. (2021).Analisis Persepsi Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Pgsd, 7(1), 32-36. Https://Ojs3.Umc.Ac.Id




DOI: http://dx.doi.org/10.55403/hikmah.v12i1.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Indexed by:

 

Published by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai
Jl. Riau No. 02 Kel. Pasir Pengaraian Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu
Telp. - 085295445764
Faks. -
Email: hikmah_pendidikanislam@yahoo.com

Creative Commons License